Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Internet Desa, Proses Revolusioner untuk Masa Depan


Konsep internet desa yang kini mulai digalakkan banyak pihak diharapkan dapat memiliki dampak besar untuk masyarakat pedesaan. Selain karena memang kini internet sudah dibutuhkan oleh setiap orang, tidak sedikit pula masyarakat pedesaan yang sudah mahir dalam mengolah potensi yang dimiliki dengan bantuan internet.

Dengan besarnya potensi setiap desa di Indonesia yang bisa dikembangkan dengan bantuan internet, tentu kamu juga setuju jika ISP yang kini ada di Indonesia semakin memperluas wilayah layanannya. Setidaknya ketika kamu kembali ke desa atau sedang berkunjung ke wilayah di luar perkotaan kamu tidak akan kehilangan akses pada internet yang stabil dan cepat.

Tidak berhenti disitu saja, kamu juga wajib mengetahui beberapa alasan mengapa desa membutuhkan internet. New knowledge everyday, ini beberapa poin pentingnya.

Jaringan Komunikasi Lebih Lancar


Hal pertama yang bisa diambil dari internet desa adalah komunikasi yang menjadi semakin lancar antara masyarakat yang ada di desa dan di area lain. Susah sinyal mungkin jadi masalah utama ketika kamu berada di pedesaan. Namun dengan masuknya internet ke desa-desa bisa memberikan kemudahan akses komunikasi sehingga segala urusan bisa dilakukan lebih mudah.

Dengan jaringan komunikasi yang semakin lancar, maka arus informasi yang mengalir juga akan semakin baik. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan berbagai hal, mulai dari potensi wisata, potensi transaksi ekonomi pada hasil bumi di desa, hingga informasi berguna untuk mengembangkan desa menjadi lebih canggih dan modern.

Keterbukaan Sistem Informasi Desa


Salah satu pemanfaatan internet desa adalah untuk membuat sistem informasi yang terbuka dan dapat diakses oleh siapa saja. Informasi yang transparan seperti ini memudahkan fungsi pengawasan yang dimiliki oleh masyarakat, termasuk juga kamu, untuk melihat bagaimana anggaran daerah diolah dan dialokasikan. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya penyalahgunaan aset daerah untuk kepentingan golongan atau pribadi.

Agak sedikit berat ya poin ini? Namun pada kenyataannya di era serba modern seperti sekarang ini, keterbukaan dan transparansi informasi sangat penting. Masyarakat desa cenderung tidak mau memusingkan hal ini selama mereka bisa beraktivitas dengan baik. Padahal jika potensi dan anggaran yang dimiliki diolah dengan terbuka dan optimal, desa bisa menjadi semakin maju dan modern, sehingga dapat dikembangkan. Semua bisa dimulai dengan internet masuk desa.

Akses Marketplace Lebih Mudah


Pernahkah kamu membayangkan bisa mendapatkan produk kopi terbaik langsung dari produsennya yang berada di pegunungan? Kamu bisa menikmati proses penggilingan kopi, hingga diseduh dan dicecap, dengan cita rasa asli yang dimiliki oleh kopi terbaik tanpa harus menunggu terlalu lama proses distribusi atau mengunjungi kafe terdekat?

Akses pada marketplace memungkinkan masyarakat desa melakukan transaksi ekonomi secara langsung sehingga menjamin setiap produk hasil desa dijual dalam keadaan segar. Tentu perlu edukasi yang intensif untuk hal ini sehingga pemanfaatan internet bisa dilakukan secara optimal. Namun jika dilakukan secara bertahap, bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan berbagai produk yang berasal dari desa dalam keadaan segar, dan langsung dari produsennya.

Hal ini juga berlaku dua arah, untuk masyarakat desa yang memerlukan bahan baku atau perlengkapan yang sulit ditemukan di desanya. Dengan kemudahan mengakses marketplace mereka bisa mendapatkan apa yang diperlukan secara cepat, efektif, dan tanpa menghabiskan banyak waktu. Ini tentu akan berdampak langsung pada aktivitas di desa serta pengembangan yang harus dilakukan di desa guna mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.

Sampai di poin ini, kamu sudah cukup paham bukan betapa signifikannya jika internet desa bisa benar-benar diwujudkan dan dimanfaatkan secara optimal?

Hilangnya Hambatan dengan Internet Desa


Tidak jarang ketika perusahaan akan melakukan pengembangan atau kunjungan ke desa, akan terbentur dengan masalah komunikasi dan internet. Meski mungkin terasa tidak terlalu penting, namun coba kamu bayangkan dengan keberadaan internet desa yang cepat dan stabil, hambatan ini akan otomatis hilang. Orang kota yang memiliki kepentingan untuk datang ke desa tak lagi perlu khawatir mereka akan ‘terisolasi’ pada area tersebut.

Jika dilihat, idealnya keberadaan internet desa akan mendatangkan banyak sekali manfaat. Dari faktor terkecil hingga yang bersifat masif, semua bisa ditingkatkan dan dikembangkan dengan optimal. Tentu saja syarat utamanya adalah penggunaan internet yang terarah dan detail, serta jaringan yang cepat dan stabil.

Internet desa mungkin masih menjadi rencana di beberapa daerah di Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, desa juga akan dapat menikmati layanan internet setara dengan perkotaan. Biznet Home misalnya, dari waktu ke waktu terus memperluas area layanannya hingga ke pelosok negeri dengan tujuan agar masyarakat pedesaan dapat menikmati dan memanfaatkan internet dengan baik. Tentu saja, kamu juga bisa menggunakan jaringan super cepat dari Biznet Home di area tempat tinggalmu dengan pasang Wi-Fi. Periksa wilayah layanannya di situs resmi, dan pastikan kamu mendapat penawaran paling menarik untuk pengguna baru!

Posting Komentar untuk "Konsep Internet Desa, Proses Revolusioner untuk Masa Depan"