lazada.com

Domba Garut

Domba Garut adalah jenis domba yang paling diminati orang Indonesia. Kenapa Domba Garut? Daging Domba Garut atau Dombrut memiliki kandungan lemak yang sedikit dan sering dipakai untuk bahan sate domba karena rasa daging Domba Garut sangat enak. Domba Garut bahkan jadi potensi peternakan yang luar biasa. Salah satu teman saya di UI, Andi Nata, meraih penghargaan Wirausaha Muda Mandiri 2011 karena beternak Domba Garut.

Domba Garut 

Menurut Wikipedia, Domba Garut ternyata berasal dari Afrika selatan dan Australia :
Domba Garut adalah domba yang berasal dari daerah Limbangan Kabupaten Garut. Dalam bahasa latin disebut ovis aries yang merupakan campuran dari perkawinan antara domba lokal dengan domba jenis capstaad dari Afrika Selatan dan domba merino dari Australia. Domba capstaad sudah ada lebih dulu di Garut, sementara domba merino baru didatangkan ke Garut pada abad ke-19. Dari ketiga jenis domba itulah, lahir varietas baru yang kemudian disebut domba Garut.

Cara-cara pemeliharaan domba Garut tidak sembarangan. Selain diberi rumput pilihan, domba ini juga sering diberi susu yang dicampur madu. Belum lagi pemeliharaan fisiknya yang harus tetap dijaga bersih dan sehat.
Kenapa saya tiba-tiba tertarik dengan jenis Domba Garut ini? Alasan pertama adalah Doma Garut adalah potensi bisnis yang luar biasa. Alasan kedua adalah Domba Garut adalah keyword yang saat ini saya kejar untuk website yang saat ini sedang saya bangun.

Ini video adu domba garut yang terkenal jadi objek pariwisata Sunda.

Ada seorang pengusaha Peternakan Domba Garut yang meminta saya untuk membantu membuatkan website untuk memperluas bidang usaha beliau dalam marketing Domba Garut. Nama websitenya adalah www.dombaku.com dan beliau menekankan konsep peternakan green farm ecosystem. Sejalan dengan idealisme saya yang menyukai konsep green energy :)
Sebenarnya ada alasan ketiga mengapa saya suka Domba Garut, yaitu saya adalah penggemar Sate, terutama Sate Domba Garut ini. Daging Sate Domba Garut atau biasa disebut Sate Dombrut ini memang beda dari sate kambing. Rasanya lebih enak dan memang daging domba lebih mahal. Dari data yang diperoleh dari Direktorat Gizi Depkes RI, diketahui kandungan nilai gizi daging domba garut jauh lebih baik dibandingkan daging kambing per 100 gram berat daging.
Suatu saat saya juga ingin membuka peternakan Domba Garut dan bisa makan sate daging domba Garut sepuasnya. Bagi yang belum pernah mencoba rasa daging domba seperti apa, rasanya mirip dengan daging kambing tetapi lebih empuk dan lembut. Bila Anda belum mencoba rasanya, patut mencoba deh sate domba garut.
Share dan Komen Gan